Minggu, 27 Juli 2014

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH REPUBLIK NDONESIA Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270, Gedung E Lantai 12-13 Telp (021) 5725477 (hunting), 5725468-9, 5725471-4, 5725466 Fax : 5725473; 5725049; 575475, Website: http://www.ditpsmk.net

 
    
      
Form : 01
DATA POKOK PSMK 2015
NPSN                      : ……………………                 ID UN      : ……………………..              NSS         : …………………...............................
Nama SMK              : .......................................................................                       Status : *) Negeri /  Swasta
No SK Pendirian      : .................................Tgl SK : ..…/……/……    Penandatangan SK :     *) Bupati / Walikota / Kanwil / Dinas Pend /
PBM                        :  *) Pagi / Siang / Pagi & Siang                                                                      Mendiknas/ Menhut / Mentan /  Menkes
Alamat                     : Jalan : ..........................................................................................................................       Rt : ............RW : ...............
Desa : ................................................     Kecamatan : ....................................................        Kab/ Kota : ...............................................................  Provinsi      : ......................................................................Kode Pos : …………………………
Telepon: ......................           Fax :        ......................          Website : ................................... Email :  ......................................................
Kepala Sekolah       : Nama : .........................................................        NIP.:        ..........................      Hp.......................................................
Jumlah Guru            : Total ..............  (PNS Tetap: .........PNS Tidak Tetap: .........)    (Non PNS Tetap: ........., Non PNS Tidak Tetap : .........)
Rata-rata Nilai UN Th Pelajaran 2010/2011 :         Matematika : ...............Bhs Indonesia: ..............Bhs Inggris: ...........MP Produktif : …........
Sertifikasi ISO :  *)  9001:2000 /  9001:2008 /  proses sertifikasi / belum  bersertifikat ;              tahun mendapat ISO .....................
*) Coret yang tidak perlu

DATA AKREDITASI DAN PENERAPAN KURIKULUM SMK
Kompetensi KeahlianAkreditasiTahundiakreditasi KURIKULUMYANG DIGUNAKAN
 
 Tk.1Tk.2Tk.3Tk.4
        
        
        
        
        
        
        
        
Keterangan : Akreditasi diisi dengan A, B, C, BLM (belum diakreditasi) ;        Kurikulum diisi dengan Kurikulum 1999, 2004, KTSP

DATA PSB DAN SISWA PER TINGKAT
Kompetensi Keahlian Pendaftaran Siswa Baru (PSB) SISWA 
PendaftarDiterima RombelTk.1RombelTk. 2RombelTk.3RombelTk.4Total Siswa
LPLP LPLPLPLPL+P
                    
                    
                    
                    
                    
                    
                    
                    
TOTAL                   
Keterangan : Rombel diisi dengan jumlah kelas per tingkat dan  setiap kompetensi keahlian sesuai spektrum 2008


NAMA SMK :
DATA SISWA MENGULANG DAN PUTUS SEKOLAH
Kompetensi KeahlianSISWA MENGULANG SISWA PUTUS SEKOLAH
Tk.1Tk. 2Tk. 3Tk.4 Tk.1Tk. 2Tk. 3Tk.4
LPLPLPLP LPLPLPLP
                  
                  
                  
                  
                  
                  
                  
                  
TOTAL                 

DATA SISWA MENURUT AGAMA DAN UMUR
AgamaJUMLAH SISWA UmurJUMLAH SISWA
Tk. 1Tk. 2Tk. 3Tk. 4 Tk. 1Tk. 2Tk. 3Tk. 4
Islam     ≤15    
Protestan     16    
Katolik     17    
Hindu     18    
Budha     ≥19    
Konghucu     TOTAL    
TOTAL          
DATA EKONOMI ORANG TUA SISWA DAN ASAL SEKOLAH SISWA BARU
Ekonomi Orang Tua SiswaJUMLAH SISWA SekolahJumlah Siswa
Tk.1Tk. 2Tk.3Tk.4Asal PendaftarDiterima Tk.1
Pra-sejahtera 1 (Miskin)     SMP 
Menengah & Sejahtera     MTs 
TOTAL     Paket B 
      TOTAL 
DATA PESERTA UJIAN DAN PENELUSURAN LULUSAN
Kompetensi KeahlianPESERTA UJIAN TP 2010/2011 PENELUSURAN LULUSAN TP 2009/2010
 BekerjaLanjut  ke PTLainnya
Peserta UNlulusBersertifikat KompetensiSkorTOEIC
> 400
 DU/DI dan Instansi PemerintahWira usahaMasa tunggu untuk bekerja (tahun)
LPLP <1 thn>1 thn
              
              
              
              
              
              
              
              
TOTAL             

 
 
NAMA SMK :
TENAGA KEPENDIDIKAN
NoTenaga KependidikanTotal PegawaiStatus KepegawaianPendidikanUsiaJenis KelaminKebutuhan Pegawai
PNSNON PNSSLTADipS1/D4S2<3535-50>51LPIdeal+/-
PTPTTPTPTT
1.Kepala tata usaha                
2Tenaga teknis keuangan                
3Tenaga perpustakaan                
4Tenaga laboratorium                
5Tenaga teknis praktek kejuruan                
6.Pesuruh/ Penjaga sekolah                
7.Tenaga administrasi lainnya                
 TOTAL                
Keterangan : PT = Pegawai tetap;  PTT = Pegawai Tidak Tetap
PENDIDIK (GURU)
NoNama Mata PelajaranTotal GuruStatus KepegawaianPendidikanlulus Sertifi kasi profesiUsiaJenisKelaminKebutuhan Guru
PNSNon PNSDipS1/D4S2<3535-51≥51LPIdeal+/-
GTGTTGTGTT
1Normatif                
 Pendidikan Agama Islam                
 Pendidikan Agama Protestan                
 Pendidikan Agama Katolik                
 Pendidikan Agama Hindu                
 Pendidikan Agama Budha                
 Pendidikan Agama Konghuchu                
 Bahasa Indonesia                
 Pendidikan Kewarganegaraan & Sejarah                
 Pendidikan Jasmani & Olah Raga                
 Seni & Budaya                
 BP/ BK                
 Muatan Lokal                
                  
2Adaptif                
 Matematika                
 Bahasa Inggris                
 KKPI                
 IPA                
 IPS                
 Kewirausahaan                
 Fisika                
 Kimia                
 Biologi                
 Ekonomi                
 Pelayanan Prima                
 Bahasa asing …….                
                  
3Produktif                
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
 TOTAL                
Keterangan : Untuk Mata Pelajaran Produktif diisi Jumlah Guru Produktif per Kompetensi Keahlian sesuai spektrum 2008 dan bukan sub kompetensi.
Contoh : Akuntansi, Teknik Kendaraan Ringan ; GT = Guru Tetap;  GTT = Guru Tidak Tetap
NAMA SMK :
PRASARANA SMK
NoNama Ruang/Area KerjaKondisi Saat  IniKebutuhan Ruang
Jumlah RuangLuasRata-rata (m2)Total Luas(m2)JumlahBaikJumlahRusak SedangJumlahRusak BeratJumlah ruangLuas (m2)Total Luas (m2)
           
ARuang Pembelajaran Umum         
1.Ruang Kelas         
2.Ruang Lab. Fisika         
3.Ruang Lab. Kimia         
4.Ruang Lab. Biologi         
5.Ruang Lab. Bahasa         
6.Ruang Lab. Komputer         
7.Ruang Lab. Multimedia         
8.Ruang Praktek Gambar Teknik         
9.Ruang Perpustakaan Konvensional         
10.Ruang Perpustakaan Multimedia         
           
BRuang Khusus (Praktik)         
1.Ruang Praktek/Bengkel/Workshop         
 R. Praktek….         
 R. Praktek….         
 R. Praktek….         
 R. Praktek….         
 R. Praktek….         
 R. Praktek….         
 R. Praktek….         
           
CRuang Penunjang         
1.Ruang Kepala Sekolah & Wakil         
2.Ruang Guru         
3.Ruang Pelayanan Administrasi (TU)         
4.BP/BK         
5.Ruang OSIS         
6.Ruang Pramuka,         
7.Koperasi,         
8.UKS,         
9.Ruang Ibadah         
10.Ruang Bersama (Aula)         
11.Ruang Kantin Sekolah         
12.Ruang Toilet         
13.Ruang Gudang         
14.Ruang Penjaga Sekolah         
15.Ruang Unit Produksi         
16.Asrama Siswa         
STATUS LAHAN SMK
NoJenis LahanLuas ( M2 )Status Kepemilikan LahanKeterangan Lahan
Pemerintah / YayasanLainnya (sebutkan)
1Luas Lahan Bangunan    
2Luas Lahan Tanpa Bangunan    
 
  1. Taman
    
 
  1. Lapangan Olah Raga
    
 
  1. Lahan praktek
    
 
  1. Lain-lain
    
3Total Luas Lahan Seluruhnya    

 
 
NAMA SMK :
INFRASTRUKTUR SMK
Sumber ListrikDaya ListrikVoltasePhaseBiaya Per Bulan
*) PLN /  Genset Diesel /  Tenaga Surya / PLN & Diesel / Sumber lainnya/ Tidak Ada Listrik*) <900 Watt  / 900 -2.200 Watt / 2.200-5000 Watt / 5000-15.000 Watt / >15.000 Watt*)220volt/ 110 volt*) 2 Phase/ 3 Phase................................
*) Coret yang tidak perlu
Akses InternetProviderBandwidth (Mbps)Biaya Per Bulan
*) VSAT / Listline / Wireline (Modem Mobile) / lainnya / tidak ada akses*) Jardiknas / Telkom / Indosat / Telkomsel / Excelcomindo / Smart / Provider Lainnya....................................................................
*) Coret yang tidak perlu
Sumber Air BersihKetersediaanBiaya Per Bulan
*) PDAM / Sumur Bor / Sumur gali / Mata air / Air tadah hujan / Air permukaan / lainnya*) Memadai / tidak memadai..................................
*) Coret yang tidak perlu

PERABOT RUANG PEMBELAJARAN & BUKU TEKS PENUNJANG UJIAN NASIONAL DI PERPUSTAKAAN
NoJenis PerabotJumlahYang adaJumlah Kebutuh-anJumlahKe-
kurangan
 NoMata PelajaranJumlah JudulJumlah Eksemplaryang adaJumlah KebutuhanJumlah Ke kurangan
1Meja Siswa    1.Metematika    
2Kursi Siswa    2.Bahasa Inggris    
3Lemari    3.Bahasa Indonesia    
4Papan Tulis    4.Produktif ………    
5Meja Guru     Produktif ………    
6.Kursi Guru     Produktif ………    
7.Rak Buku perpustakaan     Produktif ………    
8.Lemari alat & bahan     Produktif ………    
9.Meja Persiapan     Produktif ………    
10.Meja Kerja     Produktif ………    
11.Kursi Kerja     Produktif ………    

PENERIMA BEASISWA SMK
NoJenis BeasiswaJumlah Penerima BeasiswaSumber BeasiswaPusat/ Prov/ kab/ kota/ SwastaDana/ bulan/ siswa (Ribuan Rp.)Jumlah dana seluruhnya (dlm ribuan Rp.)
LP
1.Beasiswa Siswa Miskin Jenjang Pendidikan Menengah (SMK) /Bantuan khusus murid (BKM)     
2.Beasiswa Prestasi     
3.Beasiswa Program keahlian khusus     
4.Supersemar     
5.Lainnya     
 TOTAL     

BANTUAN YANG PERNAH DITERIMA SMK 2 TAHUN TERAKHIR
NoNama BantuanTahunNilai Dana BantuanSumber Dana Bantuan dari Pemerintah(Pusat/Propinsi/Kab/Kota)Nilai Dana PendampingSumber Dana Pendamping(Propinsi/kab/kota/ Komite/Yayasan)
1.      
2.      
3.      
4.      
5.      
 TOTAL    


NAMA SMK :
SARANA PRAKTEK PENUNJANG PEMBELAJARAN
NoNama Alat PraktekKondisi Saat  IniKebutuhan Alat
Jumlah AlatJumlahBaik /
Berfungsi
JumlahRusak Ringan/ Tidak BerfungsiJumlahRusak Berat /
Tidak Berfungsi
Jumlah Alat+/-
AAlat Praktek Umum531288-3= 5
 Ruang Lab. Komputer      
1.Komputer Laptop      
2.Komputer PC      
3.Komputer Server      
4.Router      
5.Switch Hub      
6.Access Point      
7.LCD      
8.Printer      
9.       
10.       
        
BAlat Praktek Kejuruan Utama(standar minimal peralatan kejuruan)      
 Ruang Praktek …………..      
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       
7.       
8.       
9.       
10.       
 Ruang Praktek …………..      
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       
7.       
8.       
9.       
 Ruang Praktek …………..      
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       
7.       
8.       
9.       
10.       
Alat praktek kejuruan utama yaitu alat yang digunakan untuk menunjang pencapaian kompetensi minimal pada masing-masing kompetensi keahlian (diprioritaskan alat permesinan mekanik, power tools, teknologi informasi komunikasi, multimedia dan alat non handtools).


 
 
NAMA SMK :

KERJASAMA DENGAN DU / DI
NoNama DU/DI  & bidang usahaAlamatLokasi (DN/LN)TahunMOUNo. MOUMasa berlakuBentuk KerjasamaKompetensi Keahlian terkait
1.        
2.        
3.        
4.        
5.        
6.        
7.        
8.        
9.        
10.        
PEMBELAJARAN
Penerapan Pembelajaran berbasis TIK / e-pembelajaran bagi siswa SMK (Proses belajar  mengajar dan materi pelajaran disampaikan dengan menggunakan perangkat TIK)
-          Sudah dilakukan menggunakan: *) modul Interaktif / power point / LCD / Jaringan LAN / Internet / Video on Demand / Penugasan lewat email / Ujian online, untuk  sebanyak …….. mata pelajaran
-          Belum dilakukan
Penerapan Pembelajaran Kewirausahaan bagi siswa SMK
Sudah dilakukan dengan menerapkan: *)  Teaching industri / unit produksi / modal bergulir / grosir / retail / door to door
Belum dilakukan
Penerapan Pembelajaran membangun karakter bangsa
Sudah dilakukan dengan menyelenggarakan co/ ekstra kurikuler: *)  OSIS / pramuka / paskibra / PMR/ pencinta alam/ olah raga
Belum dilakukan

Keterangan :    Beri Cek list,         *) Coret yang tidak perlu         ……. Diisi angka
 
 
……..,  …………………………… 2011Kepala Sekolah
SMK………………………………..
Ttd
…………………………………………….
NIP.  .....................................................
PETUNJUK PENGISIAN
FORMAT DATA POKOK PEMBINAAN SMK (PSMK) TAHUN 2011
Petunjuk Umum
  1. Format Data Pokok PSMK  ini wajib diisi oleh SMK Negeri dan Swasta
  2. Obyektivitas hasil isian format data pokok ini merupakan tanggung jawab Kepala Sekolah, oleh karena itu sebelum menandatangani dan membubuhkan cap/stempel sekolah, Kepala Sekolah harus memeriksa kebenaran isinya.
  3. Apabila format data pokok ini telah diisi dan telah ditandatangani Kepala Sekolah dan dibubuhi cap/stempel sekolah, maka Kepala SMK:
    1. mengirimkan ke dinas pendidikan provinsi seksi yang menangani SMK sebagai persyaratan untuk menerima bantuan BOMM (2 rangkap : 1 untuk administrasi BOMM dan 1 untuk tim pendataan SMK tingkat provinsi)
    2. menyimpan sebagai arsip di sekolah
    3. setelah PSB tahun pelajaran 2011/2012, masing-masing SMK meng-update data pokok dan hasilnya dikirimkan ke Pusat TIK SMK setempat yang telah ditetapkan, selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2011 untuk diolah menjadi data SMK tingkat kabupaten/kota yang akan disahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/kota.

Petunjuk Khusus
  1. Data Identitas SMK  :
  • NPSN                      : Nomor Pokok Sekolah Nasional dapat diperoleh di alamat website
  • ID UN                      : Nomor ID Sekolah yang digunakan untuk Pelaksanaan UN
  • NSS                         : identitas sekolah. bagi SMK Negeri maupun Swasta yang belum
memiliki NSS untuk sementara supaya dikosongkan
  • Nama SMK             : Nama Sekolah harus sesuai dengan SK Pendirian Sekolah dan dapat disesuaikan jika ada
perubahan  Nomenklatur/ penamaan
  • Status                     : coret yang tidak perlu
  • No SK Pendirian   : Cukup jelas
  • Penandatangan SK               : Cukup jelas
  • PBM                        : coret yang tidak perlu
  • Alamat                    : Cukup jelas
  • Desa/ Kelurahan  : Cukup jelas
  • Kecamatan            : Cukup jelas
  • Kabupaten             : Cukup jelas
  • Provinsi                  : Cukup jelas
  • Kode Pos               : Cukup jelas
  • Telp                        : Isikan terlebih dahulu kode wilayah lalu nomor telepon sekolah contoh : 021-7655374
  • Fax                          : Isikan terlebih dahulu kode wilayah lalu nomor fax sekolah contoh : 021-7655374
  • Website                : Cukup jelas
  • Email                       : Cukup jelas
  • Kepsek                   : Cukup jelas
  • Sertifikat ISO         : coret yang tidak perlu, dan isikan tahun mendapatkan ISO
  1. Data Kompetensi Keahlian                 : diisikan kompetensi keahlian yang dibuka sekolah sesuai Spektrum 2008, yang masih menggunakan Spektrum 1999 & 2004 agar dikonversi ke Spektrum 2008 sesuai Keputusan Dirjen Mandikdasmen Nomor : 251/C/KEP/MN/2008 tentang Spektrum keahlian kejuruan.
  2. Akreditasi per kompetensi keahlian  : diisikan akreditasi yang terbaru yaitu A/B/C/TT/ Belum dan isikan keterangan tahun mendapatkan akreditasi
  3. Data Kurikulum pertingkat                 : Isikan kurikulum yang diterapkan di sekolah untuk setiap kompetensi keahlian (1999/ 2004/ KTSP)
  4. Data PSB (Pendaftar dan diterima)   : Cukup jelas
  5. Siswa SMK per Tingkat        : Cukup jelas
  6. Data Rombel per tingkat     : Cukup jelas
  7. Data Siswa Mengulang dan Putus Sekolah per tingkat : Cukup jelas
  8. Data Siswa Menurut agama pertingkat             : Cukup jelas
  9. Data Siswa Menurut Umur pertingkat              : Cukup jelas
  10. Data Ekonomi Orang Tua Siswa pertingkat      : yang tergolong orang tua siswa prasejahtera 1 (miskin) apabila orang tua siswa tersebut tidak mampu membayar SPP putranya atau sering menunggak SPP dibuktikan dengan Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW setempat
  11. Data Asal Sekolah Siswa Baru             : Cukup jelas
  12. Data Peserta Ujian                :  Sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP (lulus ujian produktif);
  13. Rata-rata hasil ujian nasional              : diisi perolehan nilai rata-rata sekolah per mata ujian nasional
  14. Data Penelusuran Lulusan                 :  Data lulusan diisikan berdasarkan hasil penelusuran terhadap lulusan SMK tahun pelajaran  sebelumnya
  15. Data Tenaga Kependidikan                 : Cukup jelas
  16. Data Pendidik per mata pelajaran Normatif, Adaptif, Produktif : diisikan jumlah guru yang  bertugas utama mengajar setiap mata pelajaran.  Kebutuhan guru diisikan guru yang diperlukan untuk mata pelajaran, bukan kekurangan guru mata pelajaran. Guru Tetap (GT) yang mengajar lebih dari satu mata pelajaran hanya dimasukkan dalam satu mata pelajaran utama yang diajarkan (jam mengajar paling banyak). Untuk Mata Pelajaran Produktif diisi Jumlah Guru Produktif per Kompetensi Keahlian sesuai spektrum 2008 dan bukan sub kompetensi.
Agar dapat memberikan info kondisi guru yang sebenarnya di SMK anda khususnya guru produktif yang selama ini dirasakan terjadi kekurangan di banyak SMK, maka untuk contoh kasus : seorang guru matematika yang juga mengajar  teknik komputer jaringan (TKJ), maka untuk pelajaran matematika diisikan 1 orang guru, sedangkan guru TKJ diisikan kosong dan kebutuhan ideal diisikan 1 orang guru TKJ sehingga kekurangan guru TKJ terisi 1 orang.
  1. Total Pendidik (Guru ) keseluruhan terlepas dari matapelajaran (total tenaga pendidik PNS+NON = Tetap+tidak tetap):  untuk mengetahui  jumlah keseluruhan guru yang ada di SMK tersebut  dan untuk meminimalkan perhitungan ganda.
  2. Data Prasarana     : Diisi dengan jumlah ruang, luas rata-rata dan luas seluruhnya, misalnya jumlah ruang teori/kelas sebanyak 5 dan rata-rata luas ruangan 56 m2, maka luas keseluruhan ruang teori/kelas adalah 5 x 56 m2 = 280 m2. Untuk kebutuhan diisikan jumlah kebutuhan ideal bukan kekurangan ruang.  Kondisi setiap Prasarana dikatakan Rusak Ringan (RR) apabila tingkat kerusahan < 30% dan kerusakan pada komponen non struktural seperti atap, langit-langit, penutup lantai dan dinding pengisi ; Rusak Sedang (RS) apabila tingkat kerusakan mencapai 30%-45% dan kerusakan pada sebagian komponen non struktural dan atau komponen struktural; Rusak Berat (RB) bila tingkat kerusakan mencapai 46%-65% dan kerusakan pada sebagian besar komponen bangunan, baik struktural maupun non struktural yang apabila setelah diperbaiki masih dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.
  3. Status Lahan          : keterangan lahan diisikan dengan keterangan kepemilikan seperti sewa, belum bersertifikat, tanah adat, dll
  4. Infrastruktur SMK   Sumber Listrik, Akses Internet, Sumber air bersih      :  Cukup jelas
  5. Perabot                  :  diisikan jumlah perabot yang ada dari seluruh ruang pembelajaran dan jumlah kebutuhan ideal standar pemenuhan perabot SMK guna diketahui persentase pemenuhan perabot
  6. Buku Teks Penunjang Ujian Nasional di Perpustakaan                  : diisikan jumlah judul dan eksemplar buku teks di Perpustakaan yang menunjang Persiapan Ujian Nasional serta jumlah kebutuhan ideal sesuai standar pemenuhan buku pelajaran di perpustakaan (1 eksemplar/peserta mata pelajaran bersangkutan, ditambah 4 eksemplar/mata pelajaran/sekolah).
  7. Sarana Praktek Penunjang Pembelajaran        : diisikan ketersediaan sebagian peralatan pembelajaran umum yang digunakan di Ruang Pembelajaran, dan Alat praktek kejuruan utama  yang digunakan untuk menunjang pencapaian kompetensi minimal pada masing-masing kompetensi keahlian (diprioritaskan alat permesinan mekanik, power tools, teknologi informasi komunikasi, multimedia dan alat non handtools).
  8. Beasiswa SMK       : Cukup jelas
  9. Bantuan yang Pernah diterima  SMK 2 tahun terakhir :Bantuan dari dana APBD Provinsi/kabupaten/kota, harus mengetahui  katagori APBD peningkatan Akses atau APBD peningkatan mutu atau APBD penguatan tata kelola
  10. Kerjasama dengan DU/ DI                   : Cukup jelas
  11. Data Penerapan Pembelajaran berbasis TIK                   : Cukup jelas
  12. Data Penerapan Pembelajaran Kewirausahaan              : Cukup jelas
  13. Data Penerapan Pembelajaran membangun karakter bangsa                     : Cukup jelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar