Jumat, 25 Juli 2014

Taman Denggung Jiwa Kota Sleman

Taman Denggung Jiwa Kota Sleman
            Ditengah hiruk pikuknya jalanan kota sleman yang dipenuhi oleh kendaraan yang saling memacu menuju tempat tujuan, ada yang begitu teduh dan asri sebuah tempat yang menawarkan obat penawar dari penatnya kesibukan sehari-hari. Tempat itu adalah sebuah lapangan yang disekitarnya dibangun sebuah taman. Warna pohon yang ada disekitar taman itu terlihat sangat menarik karena dipadukan dengan berbaga wahana berain yang di cat berbagai warna. Memang sebuah Taman sangat dibutuhkan sebuah kota agar dapat menjaga keasrian, dan menghindari berbagai polusi udara.
Lapangan yang terletak di kabupaten Sleman tepatnya Km 10 jln. Magelang ini adalah sebuah tempat yang mengalami perkembangan pesat lapangan ini mulanya hanya lapangan biasa seperti lapangan-lapangan lainnya. Lapangan  ini disebut Lapangan denggung Karena terletak di kelurahan Denggun, kecamatan Tridadi, sleman. Dulunya lapangan ini hanyalah lapangan biasa tapi semenjak tahun 2010 sebuah taman dibangun di sebelah selatan lapangan membuat para masyarakat sekitar “terhipnotis” untuk mendatanginya, bahkan taman ini menjadi salah satu tempat berekrasi paling favorit masyarakat htffeypt gpppppppppppppppppppzdddppppppppppppppppppppppgppptgptgpgt

Dulunya lapangan ini hanyalah lapangan biasa, karena dahulu tidak seperti sekarang belum ada taman dan kurang terawat. Sebelumnya lapangan ini hanya dijadikan sebagai tempat berlatih sebuah klub sepakbola yang bernama BMU (Bintang Muda Utara) klub sepakbola ini berfokus untuk mencari bibit bibit pemain berbakat dari usia muda oleh karena itu para anak-anak yang beralatih di klub sepakbola ini berusia 6 sampai 15 tahun. Biasanya para anak-anak yang memiliki kemampuan lebih akan masuk ke PSS Sleman karena  pada saat itu markas tim sepakbola kebanggaan warga sleman ini masih berada di stadion Tridadi Sleman.
Sebuah taman yang mempunyai berbagai macam pepohonan yang dapat membius kita untuk berlama-lama disana, belum lagi ada berbagai macam berbagai macam wahana permainan yang dicat semenarik mungkin. Lalu ada patung gajah yang merupakan maskot dari kabupaten sleman dan juga ada toilet yang berbentuk stroberi yang unik. Di Lapangan Denggung Terdapat tiga  buah  patung yang berbentuk Gajah, dengan ukuran yang berbeda Gajah yang besar adalah induknya sedangkan dua gajah yang kecil adalah anaknya. Adanya patung gajah ini tidak lepas dari Sleman itu sendiri karena kata Sleman berasal dari Saliman atau Liman.
Tetapi hal itulah yang sekarang membuat masyatrakat berkunjung kesini,masyarakat yang datang kebanyakan masyarakat sekitar tetapi ada juga yang berasal dari luar kota hal itu tidak lepas dari adanya taman disekitar tempat itu, selain itu tempat ini telah menjadi lahan bisnis yang cukup menggiurkan pedagang untuk membuka dagangan mereka di sekitar lapangan denggung. tetapi bukan hanya itu saja lapangan ini juga sering kali dijadikan sebagai tempat untuk merayakan atau memperingati sebuah acara, contohnya Pameran potensi kabupaten sleman dan pasar malam berlangsung seminggu lalu dilanjutkan dengan perayaan ulang tahun kota Sleman kemarin yang dilaksanakan pada tangga 14 mei 2014 walaupun sebenarnya ulang tahun kota Sleman jatuh pada 15 mei 2014, di majukan karena tanggal 15 adalah hari waisak.  Selain itu yang cukup banyak juga upacara atau perayaan lainnya. Selain itu sebelumnya ada kampanye partai PDI-P yang membuat jalanan macet sepanjang 5 km, di jalan Magelang.
Masyarakat yang datang ke tempat ini mengaku, lebih memilih lapangan denggung sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga karena selain lebih murah juga akses yang mudah dijangkau. Grace a dengan adanya taman bermain yang membuat anak-anak betah berlama-lama juga ada para pedagang baik itu pedagang makanan maupun pedagang jasa mainan. Selain itu dekat dengan pusat pemerintahan sleman sehingga mungkin hal ini juga yang menjadi daya tarik tersendiri, oleh karena itu banyak pengunjung yang setelah mungkin membayar pajak, membayar listrik dll. Menyempatkan waktu mereka untuk mengunjungi lapangan denggung.
Para pengusaha ataupun para pedagang Melihat tempat ini memberikan mereka kesempatan untuk menjajakan dan mempromosikan dagangan mereka Selain pedagang makanan disana juga ada para pengusaha persewaan mainan yang membuat para anak-anak betah berlama-lama disini. Wahana bermain yang ditawarkan contohnyaMobil/motor kecil listrik, skuter pedal, mandi bola, selain itu dengan suasana yang mendukung dengan daerah yang asri karena banyak pepohonan tempat ini juga. Ada juga biang lala kecil, ada odong-odong, dan tentu saja ada wahana permainan khas taman yang di cat semeriah mungkin dengan warna-warna yang mencolok. Tetapi Para pedagang yang mengeluh semakin menurunnya pendapatan mereka berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, akhir-akhir ini pengunjung sudah mulai tidak tertarrik lagi untuk menyewa. Hal ini terkait dengan monotonnya wahana bermain yang  ditawarkan para pedagang. Selain itu  pedagang sadar bahwa di tempat-tempat lain masih banyak para penyewa mainan yang lebih bagus

Tempat ini adalah titik dimana masyarakat sleman bersatu hal itu terihat dengan berbagai perayaan besar diselenggarakan di tempat ini jika Jogja punya alun-alun selatan atau utara maka warga sleman punya lapangan denggung. Karena di tempat inilah para warga khususnya Sleman tumpah ruah dan juga mendeklarasikan persatuan mereka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar