Nama Madrasah | : | MAN PURWOREJO | ||||||||
Mata Pelajaran | : | FIQIH | ||||||||
Kelas / Semester | : | XI/1 | ||||||||
Pertemuan Ke | : | 2 | ||||||||
Alokasi Waktu | : | 2 X 45 Menit | ||||||||
A. | STANDAR KOMPETENSI | : | 1. Memahami ketentuan Islam tentang jinayah danhikmahnya | |||||||
B. | KOMPETENSI DASAR | : | 1.2. Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang qishosdan hikmahnya | |||||||
C. | INDIKATOR PENCAPAIAN | : | 1.2.1. Mendiskripsikan pengertian Qishash1.2.2. Menjelaskan dasar hukum Qishash 1.2.3. Menjelaskan syarat-syarat Qishash 1.2.4. Menjelaskan pembunuhan oleh massa 1.2.5. Menjelaskan Qishash anggota badan 1.2.6. Menjelaskan hikmah hukum Qishas 1.2.7. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, percaya diri, menghargai keragaman patuh pada aturan | |||||||
D. | TUJUAN PEMBELAJARAN | : | Setelah proses pembelajaran ini diharapkan peserta didik dapat | |||||||
1. Mendiskrisikan pengertian Qishash2. Menjelaskan dasar hukum Qishash 3. Menjelaskan syarat-syarat Qishash 4. Menjelaskan pembunuhan oleh massa 5. Menjelaskan Qishash anggota badan 6. Menjelaskan hikmah hukum Qishash 7. Mengembangkan perilaku yang mencerminkan religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, percaya diri, menghargai keragaman patuh pada aturan | ||||||||||
E. | MATERI PEMBELAJARAN | : | - Pengertian qishas- Dasar hukum qishas - Syrat-syarat qishas - Pembunuhan oleh massa - Qishas anggota badan - Hikmah hukum qishas | |||||||
F. | METODE PEMBELAJARAN | : | 1. Pendekatan : CTL2. Metode : ceramah interaktif, diskusi,tanya jawab 3. Model : Graup Resum | |||||||
G. | LANGKAH PEMBELAJARAN | : | ||||||||
1. | Pendahuluan | |||||||||
a. Memulai pembelajaran dengan berdo’a ( Taqwa )b. Guru mengabsen kehadiran siswa (disiplin)
| ||||||||||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi - Kelas dibagi menjadi 6 kelompok secara hiterogen ( menghargai keragaman ) - Setiap kelompok membagi tugas sebagai ketua, sekretaris, anggota ( tanggung Jawab ) - Setiap kelompok membaca buku fiqih kelas XI bab Qishas ( gemar membaca ) - Masing-masing kelompok mendiskusikan topik yang sudah ditentukan ( menghargai keragaman ) - Kelompok 1 mendiskusikan tentang pengertian qishas - Kelompok 2 mendikusikan tentang syarat-syarat Qishos - Kelompok 3 mendiskusikan pembunuhan oleh masa - Kelompok 4 mendiskusikan Qishos anggota badan - Kelompok 5 mendiskusikan tentang dasar hukum qishas - Kelompok 6 mendiskusikan tentang hikmah qishas Elaborasi - Hasil diskusi di kelompok dibuat resum ( tanggung jawab ) - Presentasi tiap kelompok didepan kelas ( tanggung jawab ) - Kelompok yang presentasi memberikan respon atau tanggapan baik berupa pertanyaan atau penambahan ( menghargai keragaman ) - Kelompok yang presentasi memberikan respon jawaban atas tanggapan dari kelompok lain ( menghargai keragaman ) - Presentasi dilaksanakan secara bergantian ( disiplin ) | |||||||||
Konfirmasi- Menyempurnakan hasil diskusi kelompok - Penguatan terhadap materi pembelajaran - Memberikan balikan apa yang dikerjakan peserta didik | ||||||||||
3. | Penutupa. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan (cinta ilmu ) b. Merumuskan kesimpulan hasil pembelajaran (percaya diri)
| |||||||||
H. | ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN | : |
| |||||||
I. | PENILAIAN | : | ||||||||
SK | KD | Materi | Indikator Soal | No Soal | Bentuk soal | |||||
Memahami ketentuan Islam tentang jinayah dan hikmahnya | Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang qishos dan hikmahnya | Ketentuan hukum Islam tentang qishos dan hikmahnya |
| 12 3 4 5 6 | Uraian | |||||
Mengetahui,Kepala Drs. H. Saifurochman | Purworejo, 17 november 2011Guru Mata Pelajaran Sugiati. S. Ag |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah | : | MA YAJRI | ||||||||
Mata Pelajaran | : | FIQIH | ||||||||
Kelas / Semester | : | XI/1 | ||||||||
Pertemuan Ke | : | 3 | ||||||||
Alokasi Waktu | : | 2 X 45 Menit | ||||||||
A. | STANDAR KOMPETENSI | : | 1. Memahami ketentuan Islam tentang jinayahdan hikmahnya | |||||||
B. | KOMPETENSI DASAR | : | 1.3. Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang diyatdankafarat beserta ikmahnya | |||||||
C. | INDIKATOR PENCAPAIAN | : | 1.3.1. Mendiskripsikan pengertian Diyat1.3.2. Menjelaskan dasar hukum Diyat 1.3.3. Menyebutkan sebab- sebab diyat 1.3.4. Mengklasifikasikan macam-macam diyat 1.3.5. Menunjukkan diyat selain pembunuhan 1.3.6. Menjelaskan hikmah diyat 1.3.10. Menunjukkan perilaku siswa yang mencerminkan religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, percaya diri, menghargai keragaman patuh pada aturan | |||||||
D. | TUJUAN PEMBELAJARAN | : | Setelah proses pembelajaran ini diharapkan peserta didik dapat: | |||||||
| ||||||||||
E. | MATERI POKOK | : | - Pengertian Diyat- Dasar hukum Diyat - Sebab-sebab Diyat - Macam-macam Diyat - Diyat selain Pembunuhan - Hikmah Diyat | |||||||
F. | METODE PEMBELAJARAN | : | 1. Pendekatan : CTL, ATI2. Metode : Ceramah interaktif, diskusi pro kontra, tanya jawab,, | |||||||
G. | LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN | : | ||||||||
1. | Pendahuluan | |||||||||
| ||||||||||
2. | Kegiatan IntiEksplorasi - Kelas dibagi menjadi 2 kelompok secara hiterogen ( menghargai keragaman ) - Setiap kelompok membagi tugas sebagai ketua, sekretaris, anggota ( tanggung Jawab ) - Setiap kelompok membaca sumber belajar dan refensi yang relevan ( gemar membaca ) - Masing-masing kelompok mendiskusikan topik yang sudah ditentukan ( menghargai keragaman ) - Kelompok 1 mendiskusikan pengertian diyat dan dasar hukumnya - Kelompok 2 mendikusikan tentang sebab-sebab diyat dan macam-macam diyat - Kelompok 3 mendiskusikan diyat selain pembunuhan dan hikmah dilaksanakan diyat - Kelompok 4 mendiskusikan kafarat dan macam-macam kafarat Elaborasi - Hasil diskusi di kelompok dibuat resum( tanggung jawab ) - Presentasi tiap kelompok didepan kelas ( tanggung jawab ) - Kelompok yang presentasi memberikan respon atau tanggapan baik berupa pertanyaan atau penambahan ( menghargai keragaman ) - Kelompok yang presentasi memberikan respon jawaban atas tanggapan dari kelompok lain ( menghargai keragaman ) - Presentasi dilaksanakan secara bergantian ( disiplin ) | |||||||||
Konfirmasi- Menyempurnakan hasil diskusi kelompok - Penguatan terhadap materi pembelajaran - Memberikan balikan apa yang dikerjakan peserta didik | ||||||||||
3. | Penutup1. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan (menghargai keragaman ) 2. Merumuskan kesimpulan hasil pembelajaran (percaya diri) 3. Memperhatikan dan mencatat penjelasan/informasi yang harus dilakukan sebagai tindak lanjut (rasa ingin tahu) | |||||||||
H. | SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN | : |
| |||||||
I. | PENILAIAN | : | Teknik Penilaian :1. Tes untuk mengukur hasil belajar 2. Non-tes yaitu melalui pengamatan terhadap perilaku belajar Siswa selama pembelajaran Bentuk Instrumen : 1. Tes-tertulis, Uraian 2. Lembar pengamatan | |||||||
SK | KD | Materi | Indikator Soal | No Soal | Bentuk soal | |||||
Memahami ketentuan Islam tentang jinayah dan hikmahnya | Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang diyat dan kafarat beserta ikmahnya | Ketentuan hukum islam tentang diyat dan kafarat serta hikmahnya | 1.Jelaskan pengertian Diyat2.Jelaskan dasar hukum Diyat 3.Sebutkan sebab- sebab diyat 4.Sebutkan macam-macam diyat 5.Sebutkan diyat selain pembunuhan 6.Jelaskan hikmah diyat 7.Jelaskan pengertian kafarat 8.Jelaskan macam-macam kafarat pembunuhan 9.Jelaskan hikmah kafarat pembunuhan | 12 3 4 5 6 7 8 9 | Uraian | |||||
Mengetahui,Kepala Drs. H. Sudar, M.Ag NIP.195608201981031009 | Salatiga, 11 Juli 2011Guru Mata Pelajaran Trimakno, S.Ag NIP. 197304182007011021 | Mengetahui,Kepala | Salatiga, Juli 2010Guru Mata Pelajaran |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar