Minggu, 06 Januari 2013


Bab 17
SINTAKSIS KLAUSA:N SUSUNAN BERUNTUN
Susunan beruntun adalah tata urutan segmen-segmen tuturan. Misalnya:
Kita mempelajari bahan bab ini
S               P/V                     O
Sehingga inti klausa adalah terdapat tiga unsur utama subjek, predikat dan objek. Tetapi dalam beberapa bahasa yang terpenting adalah struktur predikat (verba) dan objek.

Susunan VO: verba (V) dan objek (O) dapat ditemukan dalam bahasa Indonesia, Tagalog dan Malagasi dan Arab. Sedangkan struktur OV: objek (O) dan verba (V) dapat ditemukan pada bahasa Jepang dan Turki. Berikut contoh datanya:

Struktur VO:
(1)   Ayah menendang bola. (Indonesia)
(2)   Bumili ang nanay ng saging. (Tagalog)
Beli: AJ PT   ibu    PNT pisang
Ibu itu membeli pisang
(3)   Manasa lamba ny zazavavy. (Malagasi)
Cuci  pakaian  itu gadis
Gadis itu mencuci pakaian
(4)   Sa- hada ikalb. (Arab)
Lihat dia anjing: itu
Dia melihat anjing itu

Struktur OV:
(5)   Watashi wa hon o mimasu. (Jepang)
1:T        PT    buku PSP lihat
Saya melihat buku
(6)   Kahveyi- yi sabahlari-sev-im. (Turki)
Kopi AK   pagi    suka K 1:T
Saya suka kopi pagi hari

Konstruksi DM (berdasarkan rumusan Sutan Takdir Alisjahbana) = Ditentukan-Menentukan (Diterangkan-Menerangkan) merupakan perwakilan dari VO (verba-objek). Akan tetapi hukum DM tidak hanya menyangkut urutan verba dan objek/ VO (urutan konstituen dalam klausa) tetapi juga mengenai susunan berurutan pada tataran infraklausal yaitu tataran frasal. Misalnya: Ayah anak ini, Ayah merupakan D (diterangkan) sedangkan anak ini sebagai M (menerangkan). Frasa anak ini bisa didefinisikan anak sebagai D dan ini sebagai M. Sehingga hukum DM yang bisa berlaku pada klausa dan frasa disebut sebagai ’keselarasan infraklausal’. Sedangkan rumusan MD (menerangkan-diterangkan) mewakili OV (objek-verba) dimana konstituen M mendahului konstituen D.

Tipe-tipe unsur D dan M pada tataran infraklausal dapat dibedakan pada: (1) frasa nominal, M = atribut dan D = induk; (2) frasa adposisional, objek adposisi adalah M dan induknya adalah adposisi tersebut (D); (3) frasa perbandingan/komparatif, pembaku perbandingan adalah M dan induknya adalah bentuk komparatif tersebut (D).

Contoh struktur DM/VO secara infraklausal:
a. Frasa nominal
(Bahasa Woleai/Mikronesia, daerah pasifik)
(7) wa     ttewas
Perahu rusak
(perahu yang rusak ini)
(8) Sar gach yeel
Anak baik ini
(anak yang baik ini)

b. Frasa preposisional
(Bahasa Woleai)
(9)  faal  mai   we
di:bawah:nya pohon: sukun itu
di bawah pohon sukun itu
(10) woal    Mariiken
Dalam:nya Amerika
Di Amerika

c. Frasa komparatif
(Bahasa Woleai)
(11) tti   tangi    Bill
Cepat dari Bill
Lebih cepat dari Bill
(12) toulap tangi sangeras
Banyak dari seribu
Lebih banyak dari seribu

Contoh struktur MD/OV secara infraklausal:
a. Frasa nominal
(Bahasa Jepang)
(13) takai kirei na yama
Tinggi indah PKL gunung
(gunung yang tinggi dan indah)
(14) muzukashii kotoba
Sulit         kata
(kata yang sulit)

b. Frasa preposisional
(Bahasa Jepang)
(15) yokohama made
Yokohama sampai
Sampai yokohama
(16) sono heya ni
Itu kamar dalam
Dalam kamar itu

c. Frasa komparatif
(Bahasa Jepang)
(17) anata yori takai
Kamu dari tinggi
Lebih tinggi daripadamu
(18) itaria yori takai
Italic dari besar
Lebih besar daripada Itali

Keselarasan infraklausal juga terdapat pada bentuk morfemis. Misalnya dalam nomina dengan afiks posesif seperti dalam bahasa Indonesia, afiks posesif berupa sufiks ku-,-mu, atau-nya pada kata ‘ayah’. Prefiks posesif jarang ditemukan pada struktur OV yang menyatakan milik (kasus jenitif).

Keselarasan infraklausal secara morfemis dapat dilihat secara jelas dalam kata majemuk. Bentuk OV/MD memiliki banyak kata majemuk,misalnya: deva-hedanaw (tindakan yang membuah dewa marah) pada bahasa Sanskerta, yama-nobori (pendakian gunung) dalam bahasa Jepang. Berdasarkan kedua contoh tersebut, kata majemuk dimulai dengan ‘objek’ pada morfem kedua tetapi objek tersebut tidak dimarkahi seperti pada frasa verbal. Untuk bisa membedakan yang mana frasa dan kata majemuk, maka dapat ditambahkan sisipan yang. Misalnya: rumah sakit (rumah yang sakit) atau jaksa agung (jaksa yang agung). Kedua contoh tersebut tidak gramatikal dan merupakan kata majemuk dan komponen-komponennya berurutan DM.

Selain terdapat unsur Subjek, Predikat (verba) dan Objek (bila klausa transitif), masih terdapat konstituen lain yaitu Keterangan. Ada satu jenis keterangan yang memiliki sifat yang khas yaitu Penegas, yang berupa bentuk negative, interogatif, kausatif, refleksif, resiprokal, desideratif, kondisional dan propositif. Berikut contoh data penegas:
(19) Apakah dia tidak akan memper-lebar jalan?
(20) Gadis itu tidak ber-bedak setiap hari.
(21) Kami lalu ber-surat-suratan ramai selama satu tahun.
(22) Jika saya mau belajar bahasa Jawa,perlu seorang guru.

Keterangan.
Pada data (19) ditemukan bentuk penegas: interogatif (apakah), negatif (tidak), propositif (akan), dan kausatif (memper-). Data (20) terdapat penegas refleksif (ber-). Penegas resiprokal (ber-/-an) dapat ditemukan pada kutipan (21). Sedangkan penegas kondisional (jika) dan desideratif (mau) dapat ditemukan pada kutipan (22). Letak semua konstituen penegas adalah praverbal yang merupakan struktur VO (yang berbentuk afiks adalah ber-, ber-/-an, dan memper-; sedangkan ber-/-an adalah konfiks). Letak penegas pada OV adalah posverbal (hanya pada bentuk verbal).

Penegas merupakan praverbal dalam VO, dan posverbal dalam OV. Sehingga tempat penegas adalah tempat yang berseberangan dengan objek (jika ada O) sementara disisi lain berupa V (verba). Apabila penegasa dilambangkan Pn, maka terdapat dua rumusan: (1) VO= PnVO dan (2) OV= OVPn. Biasanya VO penegas bisa berbentuk bebas dan terikat, sedangkan OV penegas berbentuk terikat.

Banyak bahasa yang mempunyai keselarasan infraklausal yang konsisten, tetapi ada pula yang tidak berselaras infraklausal seperti dalam bahasa Inggris. Urutan prototipis dalam klausa adalah VO (pada data (23)) dan OV (pada data (24)). Berikut contohnya:
(23) I will read that book first.
1:T PRPF baca itu buku dulu
Saya akan membaca buku itu dulu
(24) That book I will read first.
Itu buku 1:T PRPF baca dulu.
Buku itu akan saya baca dulu.

Pada data (24) dapat ditemukan urutan normal (prototipis) dan pendepanan objek: that book dikarenakan pentopikalisasi objek tersebut. Sehingga bahasa Inggris mempunyai struktur VO. Keselarasan infraklausal tidak bersifat mutlak dan atribut frasa nomina mengikuti verba.

Meskipun hanya pada atribut tertentu, misalnya pada klausa relatif: atribut yang dimarkahi preposisi of mengikuti nomina induk (pada (25) dan (26), sedangkan adektiva dan nomina jenetif mendahului nomina induk (pada (27) dan (28):
(25) the book that I have read
(26) the corner of the street
(27) a beautiful painting
(28) John’s car

Hampir semua adposisi preposisi (29), tetapi juga terdapat posposisi (30):
(29) for Amir;  above the table; before dinner
(30) all those efforts notwithstanding

Data (31): bentuk VO komparatif yang mendahului pembaku.
(31) tall-er than father
Keselarasan infraklausal tidak terpenuhi dalam bahasa Inggris karena berubah dari OV ke VO. Pada tataran klausal mungkin sudah lengkap tetapi secara infraklausal hukum DM belum terpenuhi.

Fungsi subjek jika digabungkan pada VO kemungkinan akan berbentuk: SVO, VSO, dan VOS (pada bahasa Malagasi); sedangkan bila sunyek digabungkan dengan OV akn berbentuk: SOV, OSV dan OVS (pada bahasa Indian di Amerika Selatan). Sedangkan urutan V dan S dapat dibentuk menjadi: VS dan SV. Perbedaannya adalah jika S preverbal dan S posverbal adalh pragmatis, misalnya dalam bahasa Melayu Kuno.

Pembilang kambang adalah pembilang yang tempatnya bisa berpindah dalam susunan beruntun. Pembilang berupa kata seperti bilangan/numeral (satu, seribu dll.) dan non numeral (banyak, sedikit dll). Meskipun pembilang memodifikasi nomina, tetapi tidak semua pembilang beratribut sama dan bersifat bebas tidak terikat (pada kanan dan kiri noun). Contohnya sbb:
(32) Dia sudah banyak membaca buku.
(32) Saya membeli empat durian.
(33) I bought all of them;  atau I bought them all

Bab18
SINTAKSIS KLUSA: KALIMAT MAJEMUK
2

Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri atas dua klausa atau lebih. Kalimat yang terdiri atas satu klausa disebut kalimat tunggal/klausa mandiri. Evidensi data sbb:

(1)   Sri pergi ke dapur.
(2)   Sri mempersiapkan makanan.
(3)   Sri membawa makanan ke meja kami di kebun.
(4)   {Sri pergi ke dapur}, {mempersiapkan makanan}, {dan membawa makanan ke meja kami}.
(5)   {Sesudah Sri pulang}, {adiknya segera pergi}.
(6)   {Karena Sri baru pulang{sesudah tugasnya selesai}}{dia tidak dapat menghadiri rapat}.

Keterangan.
Contoh (1)-(3) merupakan kalimat tunggal (terdiri atas klausa mandiri).

Contoh (4)-(6) adalah kalimat majemuk. Data (1)-(3) dan (4) merupakan satu rangkaian yang sama, bedanya adalah sesudah klausa pertama, subjek dapat dilesapkan, dan klausa terakhir diawali dengan dan.

Dalam data (4) klausa tersebut berstruktur koordinatif (tidak ada klausa yang lebih tinggi dari klausa yang lain), sedangkan data (5) terdapat klausa induk (adiknya segera pergi) dan klausa bawahan (sesudah Sri pulang).

Kalusa induk merupakan klausa atasan terhadap klausa bawahan, tetapi tidak semua klausa atasan adalah klausa induk.
Pada data (6) terdapat tiga tingkatan: kalusa paling atas (dia tidak dapat menghadiri rapat) adalah klausa induk. Klausa karena Sri [....] meskipun merupakan klausa atasan terhadap klausa bawahan (sesudah tugasnya selesai) sebaiknya tidak disebut sebagai klausa induk.

Klausa mandiri merupakan klausa tunggal, sedangkan klausa gabungan adalah klausa yang harus digabungkan dengan klausa lain untuk membentuk kalimat majemuk. Klausa gabungan dapat berupa klausa koordinatif (4),  klausa subordinatif (5) dan klausa induk (6). Klausa mandiri yang menjadi gabungan klausa dapat berbeda bentuk: klausa mandiri (2) dan (3) wajib memiliki subjek, sedangkan pada (4) tidak mememerlukan subjek.

Klausa bawahan dapat dibedakan menjadi klausa tergantung dan berbatasan. Kalusa terkandung adalah klausa bawahan yang merupakan bagian yang tak terasingkan dalam klausa lebih atas. Pada data (6) klausa bawahan sesudah tugasnya selesai merupakan bagian mutlak dari klausa yang lebih atas. Sebaliknya klausa berbatasan tidak mutlak merupakan bagian esensial dari kluasa lebih atas. Contoh berikut (bercetak tebal) merupakan klausa terkandung:
(1)  {{Yang merepotkan}adalah ongkosnya}.
(2)  {{Dia mengira}bahwa temannya masih di Yogya}.
(3)  {Hanya penumpang{yang sudah sampai}dapat ditampung}.
(4)  {This will be{what we hoped for}}.
(5)  {When evening fell},{we left silently}.
(6)  {The weather being fine},{they cancelled classes}.
(7)  {All the things considered},{we must give way}.
(8)  {Meskipun ongkosnya tinggi},{perlu alat itu kita beli}

Pada data (7), yang merepotkan merupakan Subjek. Klausa bahwa temannya masih di Yogya (8) merupakan Objek kalimat. Klausa relatif yang sudah sampai (9) merupakan atribut pada penumpang dalam frasa penumpang yang sudah sampai. Klausa what we hoped for (10) merupakan bagian Predikatif (diawali kopila be), sehingga klausa bawahan merupakan klausa terkandung. Klausa induk (11) we left silently sudah utuh secara gramatikal, meskipun klausa bawahan when evening fell merupakn konstituen keutuhan dari segi semantis.

Klausa absolut adalah klausa bawahan yang tidak memiliki argumen yang terdapat pada klausa lebih atas, sedangkan klausa relasional memiliki argumen yang terdapat pada klausa lebih atas. Contoh klausa absolut pada data (12) dan (13). Begitu pula pada contoh (12), (13) dan (14). Klausa induk (12) they dan classes adalah argumen-argumennya, frasa nominal pada klausa bawahan adalah the weather. Dalam bahasa Latin konstruksi absolute dikenal denan ‘ablatif absolut’, karena subjek dan partisipasia yang berfungsi sebagai predikat dalam konstruksi absolute berbentuk ablative.  Berikut (15) bahwa deleta adalah partisipia/nonfinit, contohnya:
(15) {Urbe deleta},{hostes discesserunt} (hancurkan musuh)

Klausa lengkap adalah klausa yang memiliki predikat, verbal atau non verbal, seperti pada klausa mandiri. Klausa buntung adalah klausa gabungan yang berfungsi sebagai klausa dan hanya untuk menyebut topik pada data (19-22) dan (24). Data (25) dan (27), untuk mengulangi klausa secara anaforis sehigga tidak diperlukan predikat. (lambang “//“ melambangkan jeda, “*(//)“ melambangkan jeda wajib, untuk topik dan kata anaforis dicetak tebal.
(19) {Ayah saya *(//)},{dia tidak mau mendaftarkan diri}.
(20) {Kalau Amir *(//)}, {kami tidak setuju dengan dia}.
(21) {Menyangkut rencana saya*(//)}tidak usah saja kita bicarakan}.
(22) {Sering-sering itu *(//)}mereka tidak tahu tugasnya apa}.
(23) {Bolehnya*(//)},{boleh!}[dalam konteks; kalau dipersoalkan apakah boleh,ya, boleh saja!’]
(24) {Harusnya*(//)},{oleh siapa?}[dalam konteks:’Haruskah demikian?. Tetapi siapakah yang mengharuskan?’]
(25) {Meskipun demikian(//)},{kita harus berhati-hati}.
(26) {As for Jack*(//)},{we cannot help him}.
(27) {If so (//)},{we should go home}.
(28) {Ano gakkoo wa},{guraundo ga hiroi desu}.

Keterangan
Data (19), terdapat frasa nomina (ayah saya) yang menyebut topic seluruh kalimat.

Data (20) nomina diawali kalau. Terdapat bentuk verbal menyangkut (21) yang berfungsi sebagai preposisi pemarkah topik. Itu (22) bukan pronomina demonstratif tetapi pemarkah topic bentuk adverbial.

Verba (boleh dan harus) (24) yang dinomilasisasikan dengan (nya) untuk menjadi topik. Anaphora demikian dan so merujuk kepada klausa yang mendahului. Pada data (28), wa merupakan pemarkah topic dan ga pemarkah subjek.

Klausa buntung disebut juga adverbial kalimat, contoh data sbb:
(29) {Sayangnya(//)},{jumlah pipilannya amat rendah}
(30) {Untungnya (//)},{kita dapat menggunakan system baru}
(31) {Fortunately (//)},{the weather was beautiful}
(32) {Wisely(//)},{she spoke to the lawyer}

Data (32) tidak sama artinya dengan She spoke to the lawyer wisely. Dalam kalimat tersebut wisely adalah adverbial yang memodifikasi verba spoke (cara bicaranya itu yang bijaksana), sedangkan yang dinyatakan bijaksana adalah fakta bahwa dia bicara dengan ahli hukum.

Klausa buntung juga dapat diartikan bentuk nonfinit.

Klausa gabungan dapat berupa koordinatif dan subordinatif. Klausa koordinatif adalah klausa yang bergabung langsung dengan klausa lain, sehingga klausa tersebut tidak ada yang lebih tinggi dari yang lain. Klausa koordinatif terbagi atas: koordinasi netral (33)-(34) dan (40), kontrastif (35-36) dan (41), alternatif (38) dan (41) , dan konsekutif (39) dan (43). Berikut evidensi datanya:
(33) {Kami mencoba merekam pengalaman dari lapangan},{DAN menuangkannya dalam buku ini}.
(34) {Bunganya padat dan kompak},{SERTA cocok di tanam di dataran tinggi}
(35) {Hal tersebut kebanyakan terjadi pada musim penghujan},{TETAPI jarang terjadi pada musim kemarau}
(36) {Cempaka ini berkayu lunak},{NAMUN tahan lama}
(37) {Mereka enak-enakan},{PADAHAL kita bekerja keras}
(38) {Tanaman dalam pot untuk sementara waktu diberi naungan},{ATAU diletakkan di tempat yang teduh}
(39) {Mesin baru itu sudah tentu tidak gratis},{JADI perlu mengeluarkan biaya}
(40) {He went home},{AND wrote letters}
(41) {I don’t know},{BUT I can look for it}
(42) {We will do this today},{OR find some other solution}
(43) {I was confused},{SO I said nothing}

Klausa keterbatasan adalah klausa subordinatif yang tidak termasuk klausa lebih atas sebagai konstituen intinya yang berupa klausa adverbial. Klausa adverbial terbagi atas: temporal (sewaktu, when) (44); kausal (karena, sebab, because) (45); kondisional (jika, kalau, if) (46); final (agar, in order) (47); konsekutif (sehingga, so that) (48); dan  konsesif (meskipun, walaupun, although) (49):
(44) {Pemindahan dilakukan},{SEWAKTU kecambah masih pendek}
(45) {Daun kantil umumnya berwarna hijau}, KARENA mengandung zat warna hijau}.
(46) {JIKA kendaraan diangkat}, {gunakan penunjang tetap}
(47) {Susunan dan komposisi makanan pokok harus ada}, {AGAR ransum memenuhi syarat kesehatan dan gizi}.
(48) {It began to rain}, {SO THAT we had to stay at home}.
(49)  {ALTHOUGH he was tired }{he walked on}.

Tumpang tindih koordinasi dan subordinasi
Contoh data:
(50) {Ada gula}. {Akibatnya ada semut}.
(51) {Ada gula}. {sehingga ada semut}.
(52) {Kalau ada gula}, {ada semut pula}
(53) {Ada gula}, {ada semut}.

Keterangan.
Data (50) terdapat dua kalimat tunggal yang berklausa mandiri. Kata akibatnya memarkahi kalimat kedua sebagai konsekutif dan bersifat leksikal.

Konsekutif gramatikal terjadi pada data (51) melalui konjungsi sehingga. Pada (52) merupakan konsekutif kondisional. Pada (53) tidak perlu ada pemarkahan.

Meskipun koordinasi dan subordinasi ditemukan pada banyak bahasa, ternyata koordinasi lebih cocok untuk kalimat berpola VO, sedangkan pola OV lebih tepat untuk subordinatif. Berikut evidensi datanya:
(54) {Hikooki ga ochi- te} {hito ga takusan shinimashita}
(55) {Moo sukoshi kangae- te} {henjo o shimasu}
(56) {Ano hito wa ookiku- te} {suyoi desu}
(57) {Hamuretto o yomimashita ga}{zenzen wakarimasen deshita}.

Kalimat (54) dan (55) menunjukkan subordinasi klausa pertama dibawah klausa kedua tetapi tidak berkonjungsi koordinatif. Bahasa Jepang tidak mempunyai kata dan sebagai konjungsi. Sufiks –te pada (54)-(56) merupakan bentuk verba dengan sufiks nonfinit. Partikel –ga (57) merupakan pemarkah kontras, namun bukan konjungsi seperti tetapi dan bukan pula konjungsi subordinatif seperti walaupun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar